Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Bahaya Tidur Setelah Makan Sahur Bagi Kesehatan Tubuh

Bulan suci Ramadan jadi indikator untuk umat Muslim di segala dunia buat melaksanakan puasa. Untuk Muslim yang melakukannya, puasa di bulan Ramadan berarti tidak makan ataupun minum apa juga di siang hari, cuma makan pada waktu sahur, ialah saat sebelum fajar serta dikala buka puasa, ialah sehabis matahari terbenam. Jam berpuasa yang lama sepanjang bulan Ramadan terkadang dapat berakibat kurang baik pada badan bila makan semaunya, walaupun begitu terdapat metode efisien yang dapat dicoba dengan melaksanakan diet sehat sepanjang bulan puasa.

Umat muslim di Indonesia dikala ini tengah melaksanakan ibadah puasa Ramadan 1441 H yang diawali pada Jumat( 23/ 4/ 2020) kemudian. Bulan penuh rahmat untuk umat muslim di segala dunia ini disambut dengan suka cita.

Sepanjang Ramadan, sebagian besar orang hadapi siklus tidur yang tersendat sebab wajib bangun lebih dini buat makan sahur. Perut kenyang sehabis sahur ditambah waktu fajar yang baru hendak menyingsing memanglah membuat susah buat menahan rasa kantuk, hingga tidak tidak sering banyak yang memilah kembali melanjutkan tidur. Tidur sehabis sahur memanglah terasa mengasyikkan, tetapi di balik kerutinan itu, terdapat hal- hal yang wajib diwaspadai sebab berakibat kurang baik untuk badan paling utama buat sistem organ yang bertugas mengolah santapan. Pakar gizi mewajibkan buat menunggu dekat 3 jam antara waktu makan terakhir serta waktu tidur agar fungsi laktosa bisa membantu anda.

Penundaan waktu tidur sehabis makan dicoba supaya proses pencernaan terjalin serta santapan pindah ke usus kecil. Perihal ini bisa menghindari permasalahan semacam mulas serta tidak bisa tidur, demikian sebagaimana ditulis Verywell Health. Tidak hanya itu, terdapat banyak permasalahan sungguh- sungguh yang lain bila tidak membagikan sela waktu waktu cerna serta langsung beranjak tidur. Berikut ini penjelasannya:

1. Menaikkan berat tubuh

Semacam dikutip dari Healthline, sebagian riset menampilkan kalau orang yang makan saat sebelum tidur lebih cenderung menaikkan berat tubuh. Alibi buat ini jauh lebih simpel dari yang diprediksi. Nyatanya orang yang makan saat sebelum tidur lebih cenderung menaikkan berat tubuh sebab santapan yang disantap saat sebelum tidur hendak menaruh kalori yang lebih banyak.

2. Penyakit asam lambung

Penyakit asam lambung ataupun Gastroesophageal Reflux Disease( GERD) merupakan keadaan universal yang pengaruhi sebanyak 20- 48 persen populasi orang Barat. Perihal ini terjalin kala asam lambung naik kembali ke kerongkongan. Gejalanya meliputi mulas, susah menelan, tonjolan di kerongkongan ataupun asma yang memburuk. Makan saat sebelum tidur bisa membuat indikasi lebih kurang baik sebab perut yang penuh hendak memudahkan asam lambung naik ke kerongkongan, demikian sebagaimana diwartakan Healthline.

Panduan Diet Bulan Puasa Di dasar ini 10 panduan diet sehat sepanjang bulan Ramadan yang dianjurkan Pakar Gizi dari Dubai, Reya Pahuja semacam dikutip dari Khaleej Times, Selasa( 28/ 4/ 2020):

1. Mengurangi konsumsi minyak dalam santapan sebab hendak membuat orang merasa malas serta kurang energik. Misalnya, bergeser dari ayam goreng ke ayam bakar.

2. Mengkonsumsi air kelapa dikala sahur, sebab hendak menolong melindungi tingkatan ion tetap dikelilingi dengan molekul dalam badan hingga datang waktunya berbuka puasa.

3. Pada dikala berbuka puasa, terdapat baiknya berbuka puasa dengan kurma serta milkshake. Juice tebu pula baik disantap sepanjang buka puasa sebab kaya hendak glukosa, sehingga jadi sumber tenaga langsung buat seluruh sel yang terdapat dalam badan.

4. Buah fresh merupakan opsi yang baik dibandingkan juice buah sebab kaya hendak serat. Raspberry, strawberry, apel, pisang, serta jeruk seluruhnya kaya serat. Jadi hendaknya seleksi piring buah daripada juice buah.

5. Buat menjauhi kendala pencernaan serta perut kembung, mengkonsumsi santapan dengan sedikit lemak serta bumbu. Buat alibi yang sama, jauhi makan kelewatan. Minuman berkarbonasi pula tidak sangat besar. Minum racikan hangat semacam jahe jelas lebih sehat daripada minuman dingin.

6. Tingkatkan konsumsi air sehabis berbuka puasa. Sebab antara buka puasa serta sahur merupakan salah satunya waktu air bisa di cerna, minum air lebih kerap daripada umumnya. 2 liter air merupakan tujuan yang wajib dipadati buat mengisi kembali sel- sel di dalam badan.

7. Buat sahur, cobalah memasukkan sebagian produk santapan dari gandum ke dalam piring makan. Produk santapan gandum memerlukan waktu dekat 6- 7 jam buat di cerna serta karenanya hendak menolong buat tidak merasa lapar sangat dini.

8. Buat makan malam, cobalah memasukkan sebagian santapan laut, sebab sebagian besar santapan laut rendah lemak serta kolesterol, dan kaya protein, vit, mineral, serta asam lemak Omega 3.

9. Bisa pula memasukkan irisan lemon ataupun jeruk nipis di minuman dikala berbuka puasa. Ini merupakan minuman simpel yang mempunyai kandungan jumlah air jeruk nipis serta air yang sama. Idealnya, tiap- tiap tidak boleh lebih dari 30- 50 ml. 10. Putih telur serta yoghurt sangat baik dimasukkan ke menu santapan, sebab kaya isi protein.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *