4 Jenis Olahan Wedang Jahe Praktis

Salah satu minuman tradisional yang sangat populer di Indonesia adalah wedang yang berbahan dasar jahe. Rasa pedas dan menghangatkan tubuh berkhasiat untuk menjaga imunitas agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Resep olahan wedang jahe sangat beragam dan mudah untuk dibuat. Berikut adalah resep yang bisa Anda coba sendiri di rumah.

olahan wedang jahe

Resep Olahan Wedang Jahe Yang Praktis

  1. Wedang murni

Olahan berkhasiat ini hanya menggunakan jahe sebagai bahan utamanya. Sebaiknya Anda menggunakan jenis jahe emprit karena rasa pedasnya sedang. Jika Anda menyukai rasa pedas, anda baru bisa menggunakan jenis jahe sunti atau merah karena pedasnya yang tajam di lidah. Jenis jahe tersebut bisa anda beli pada website jual jahe merah. Cara membuat wedang ini adalah dengan mememarkan jahe, kemudian masukkan ke dalam segelas air yang sedang mendidih.

  1. Wedang rempah

Minuman ini sangat populer di Indonesia yang kaya akan rempah-rempah. Selain memasukkan irisan jahe ke dalam air panas, anda bisa menambahkan berbagai rempah lainnya seperti kapulaga, kuyit, cengkeh dan potongan daun pandan. Selain menghangatkan badan, minuman wedang yang satu ini juga sangat enak dinikmati karena aromanya yang harum. Anda bisa meminumnya setiap hari.

  1. Jahe susu

Wedang jenis ini banyak dijual di perkotaan sebagai minuman tradisional. Cara membuat jahe susu sangat mudah karena hanya perlu merebus jahe merah yang telah dimemarkan dengan daun pandan. Setelah airnya matang, saring sehingga buliran jahe yang pedas tidak terbawa ke dalam gelas. Tambahkan kremer atau kental manis atau susu ke dalam wedang sesuai dengan selera Anda.

  1. Wedang asam

Sesuai namanya, rasa wedang ini adalah asam. Cara pembuatannya adalah dengan membuat air jahe, baik jenis merah maupun emprit. Setelah airnya disaring, tanmbahkan perasan lemon atau jeruk nipis ke dalam airnya. Selain menyegarkan tubuh, wedang ini dapat mengatasi masuk angin, batu, demam, perut kembung, dan berbagai gangguan pencernaan ringan lainnya.

READ  Menang Seru Di Dalam 3 Game Online

Menikmati sajian wedang jahe tak hanya saat musim hujan yang dingin. Berbagai resep olahan wedang jahe dapat Anda nikmati sebagai cara untuk menjaga kesehatan. Anda bisa berkreasi dengan mencampurkan rempah lainnya sehingga rasa wedang sesuai dengan selera. Dengan meminum wedang jahe, imunitas tubuh Anda akan terjaga dan tidak mudah sakit.