5 Keuntungan Menonton Konser Musik

Di samping dapat merasakan langsung kepiawaian pemain gitar, keyboard, hingga drum Band kesayangan Anda, nonton konser musik pun dapat menyebabkan pelbagai guna kesehatan, lo! Bagi anda yang pada dasarnya menyukai musik, nonton konser musik tentu memberikan kesenangan tersendiri. Apalagi bila konser musik yang anda hadiri diisi oleh musisi kesayangan laksana John Mayer. Adapun sejumlah guna kesehatan yang bisa Anda rasakan sebagai guna nonton konser musik, di antaranya:

  1. Lebih terhubung dengan orang lain

Berusaha untuk menghadiri konser dan menikmati musik bersama ribuan orang lain di satu tempat merupakan hal positif yang dapat menciptakan kita merasa terhubung satu sama lain. Hal ini sangat baik untuk kesehatan mental, bahkan disinyalir dapat menciptakan usia lebih panjang.

  1. Bisa lebih mengenal diri sendiri

Mendengarkan biduan kesayangan melantunkan lagu favorit dapat menciptakan kita flashback ke waktu-waktu di masa lampau. Hal ini dapat menciptakan Anda merasakan sukacita, nafsu yang menggelora, rasa sedih atau kecewa, penyesalan maupun perasaan lain yang anda sempat keluarkan saat pertama kali menyimak lagu bersangkutan.

“Hal yang dirasakan saat flashback dapat menciptakan kita meninjau kembali terhadap segala hal yang ada di dalam diri. Dengan ini, Anda juga bisa berpikir tentang hal apa saja yang telah dilakukan di waktu lampau hingga akhirnya membuat Anda berdiri di tempat dan waktu yang sekarang,” tutur seorang profesor di Universitas Fordham, Thomas M. Beaudoin.

  1. Bikin tubuh aktif bergerak

Tanpa disadari, berjingkrak-jingkrak saat menyaksikan penyanyi kesayangan membawakan lagu kesayangan ketika konser bisa mengundang tubuh Anda untuk aktif bergerak. Ini sama halnya, Anda menyimak dan menyaksikan konser musik sekaligus berolahraga.

“Melompat-lompat saat musik favorit didengungkan mungkin sama halnya dengan berolahraga selama 30 menit di treadmill. Oleh karena itu, Anda bisa menjadi bugar tanpa menyadarinya,” kata Eisenberg.

  1. Mengusir stres

Seperti telah disinggung sebelumnya, nonton konser musik dapat menyerahkan rasa senang yang tak terkira. Apalagi bila artis yang tampil dalam konser tersebut merupakan musisi kesayangan Anda.

Saat anda merasa senang, tubuh akan meningkatkan produksi hormon dopamin. Di saat bersamaan, produksi hormon kortisol yang menjadi penyebab stres bisa ditekan.

  1. Meredakan nyeri

Studi mengeja bahwa menyimak musik favorit sebelum, saat, dan sesudah perbuatan operasi memberikan efek pereda nyeri alami pada pasien. Hal ini juga berlaku untuk orang-orang yang nonton konser musik secara langsung.

Seorang onkologis, hermatologis, dan spesialis penyakit dalam asal San Diego, Dr. Steven Eisenberg mengatakan, saat seseorang menghadiri konser musik, otak melepaskan hormon endorfin yang fungsinya meredakan nyeri.

Itulah sejumlah guna kesehatan yang bisa Anda rasakan saat nonton konser musik, seperti halnya konser John Mayer. Satu hal yang perlu diperhatikan, anda usahakan mempersiapkan kondisi tubuh sebaik mungkin sebelum terjun langsung ke tengah kerumunan orang saat nonton konser musik. Hal ini bertujuan agar Anda tidak menikmati kaki kram atau tertular penyakit yang mungkin sedang dialami oleh penonton lain di sekitar Anda. Jadi, selamat menonton!