Alat Kesehatan Untuk Penggunaan Di Rumah

Kita semua mengetahui ada banyak alat – alat kesehatan di rumah sakit dan klinik. Ya, memang karena di tempat tersebut adalah pusat pelayanan kesehatan. Dan alat kesehatan merupakan satu hal yang wajib ada sebagai penunjang terlaksananya kegiatan tersebut. Tapi pernahkah terpikir di benak kita untuk menyediakan alat – alat kesehatan di rumah ?

Tujuannya ? Simapel saja, agar kita siap dan tanggap dengan kondisi kesehatan keluarga kita. Lalu apakah kita akan membawa semua alat – alat kesehatan ke rumah ? atau memenuhi rumah kita dengan peralatan kesehatan seperti di rumah sakit ? Tentu saja tidak.

Satu sisi tidak mungkin, dan di sisi lain juga tentu memakan sangat banyak sekali biaya yang harus kita keluarkan. Kita pilih saja diantara sekian banyak alat kesehatan di rumah sakit yang kira – kira bisa kita gunakan atau siapkan dirumah.

Alat Kesehatan Untuk Dirumah

Berikut ini beberapa macam alat – alat kesehatan yang bisa kita sediakan di rumah berdasarkan kebutuhan umumnya.

# Termometer

Saya dan anda yang sedang membaca tulisan ini tentu mengetahui apa itu termometer. Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu. Baik itu suhu ruangan ataupun suhu benda. Dan yang kita sediakan dirumah adalah termometer badan yang dapat digunakan untuk mengukur suhu tubuh ketika kita demam.

# Tensimeter

Sebagian besar orang tidak mengetahui saat ini tensimeter adalah alat yang bebas diperjual belikan. Khususnya jenis tensi aneroid (jarum) dan tensimeter digital. Alat ini cocok sekali kita sediakan di rumah mengingat gangguan pada tekanan darah ini harus perlu diwaspadai. Ketika kita terus mengecek tekanan darah setiap saat, kita dapat mengantisipasinya dengan cepat ketika kita tau tekanan darah kita tidak normal.

READ  Bayi Prematur, Faktor Penyebab Dan Penanganannya

# Masker

Masker yang saya maksudkan di sini adalah masker yang biasa dipakai oleh para tenaga medis di rumah sakit atupun klinik. Masker memiliki manfaat yang cukup banyak diantaranya dapat mencegah penularan penyakit. Hal ini sangat baik digunakan di lingkungan keluarga ketika ada anggota keluarga kita yang sakit. Tentunya dapat mencegah anggota lainnya tertular penyakit tersebut.

# Alat Cek Darah Portable

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita semakin banyak dimudahkan. Salah satunya dengan adanya alat cek darah portable yang dapat digunakan untuk pribadi. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur kadar glukosa, kolesterol dan asam urat. Untuk anda yang memiliki keturunan diabetes sebaiknya anda menyiapkan alat ini dirumah agar selalu dapat mengecek kadar gula darah setiap saat.

# Kursi Roda

Kursi roda tidak hanya digunakan untuk orang memiliki kebutuhan khusus, namun alat ini bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Untuk bantu jalan orang yang sedang sakit, lansia atau cidera. Jadi bisa saja dan tidak ada salahnya kita membeli kursi roda untuk digunakan dirumah.

Mungkin masih banyak lagi alat – alat yang bisa kita beli untuk disediakan di rumah seperti beberapa macam alat pembersih desinfektan atau antiseptic. Anda bisa pergi ke toko alat kesehatan untuk melihat – lihat atau langsung membeli alat – alat yang sudah anda rencanakan untuk disediakan di rumah. Sekian, semoga ada manfaatnya.