Mengenal Apa Itu Fibrilasi Ventrikel Dan Penanganannya

Fibrilasi Ventrikel atau dalam bahasa asing disebut dengan Ventricle Fibrillation merupakan salah satu kondisi yang dialami jantung ketika terjadi serangan jantung. Ini adalah salah satu jenis gangguan jantung dimana bilik Ventrikel mengalami masalah, sehingga tidak berdenyut namun hanya bergetar. Akibatnya jantung tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Kondisi ini termasuk dalam kondisi gawat darurat karena harus mendapatkan penanganan cepat. Mari kita mengenal lebih jauh tentang penyakit ini.

Mengenal Gejala Fibrilasi Ventrikel

fibrilasi ventrikel

Sedikit sudah kita singgung tentang Fibrilasi Ventrikel di bagian atas. Jadi, jantung bergetar dengan sangat cepat namun tidak dapat memompa darah ke seluruh tubuh.  Hal ini umumnya terjadi karena gangguan kelistrikan jantung. Kondisi ini tentu saja menimbulkan gejala yang tidak biasa. Berikut ini beberapa gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini :

  • Takikardia jantung apabila dicek menggunakan EKG
  • Pusing dan mual
  • Nyeri dada berat
  • Hilangnya kesadaran dalam waktu cepat

Selain gejala tersebut, umumnya orang yang mengalami gangguan jantung ini akan mengalami sesak nafas (nafas tersengal). Hal ini karena pasokan oksigen ke seluruh tubuh terhenti akibat jantung tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Penanganan Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi Ventrikel merupakan kondisi gawat darurat dan harus mendapatkan penanganan cepat. Sebagaimana kita ketahui dan sudah kita bahas diatas, jantung tidak bisa memompa darah ke seluruh tubuh sehingga pasokan oksigen ke otak terhenti, bila dibiarkan dalam waktu lama tentu sel – sel otak bisa mati. Hal ini sangat berbahaya dan bisa mengancam keselamtan jiwa.

Dalam prosedur medis, ada dua macam tindakan yang dilakukan untuk memberikan pertolongan pada penderita serangan ini diantaranya :

  • RJP – RJP atau Resusi Jantung Paru merupakan tindakan memberikan kompresi di dada secara berkala dengan durasi kurang lebih 100 konversi / menit. Tujuannya adalah agar aliran darah dapat tetap terpompa mengalir ke seluruh tubuh. Hal ini juga berfungsi untuk menjaga pasokan oksigen tetap sampai ke otak
  • Defibrilasi – Defibrilasi adalah satu tindakan medis dengan memberikan kejutan listrik dengan energi tertentu sehingga membuat jantung terkejut dan memulai iramanya dengan normal. Alat yang digunakan untuk defibrilasi disebut Defibrillator.
READ  Berbagai Penyebab Punggung Terasa Panas

Pencegahan Fibrilasi Ventrikel

Fibrilasi Ventrikel termasuk gangguan jantung atau penyakit jantung. Jadi ada banyak faktor penyebab dan faktor resiko yang melatarbelakanginya. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kondisi ini terjadi adalah dengan selalu menjalankan pola hidup sehat seperti makan bergizi dan sehat, olahraga dan jauhi alcohol serta berhenti merokok. Sekian, semoga bermanfaat