Ayo Cintai Bumi Kita Dengan Mengurangi Penggunaan Plastik

Penggunaan plastik memang bisa dibilang adalah sudah sangat terlampau banyak saat ini. Selain banyak memproduksi barang – barang baru yang terbuat dari plastik, sampah – sampah barang bekas yang terbuat dari plastik pun masih banyak tersebar di lingkungan kita dan belum benar – benar dihilangkan.

Makanya jangan heran jika bumi kita sedang sakit dan kerap kali terjadi bencana atau bahkan penyebaran wabah penyakit yang meresahkan kita semua.

Toh hal ini terjadi juga karena kurangnya perhatian dan juga kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar kita yang notabene masih banyak dengan mudahnya ditemukan sampah yang tidak dibuang pada tong sampah fiberglass.

Berbagai cara dan solusi bahkan peraturan sudah dibuat untuk mengurangi adanya sampah plastik. Namun tetap saja masih banyak yang tidak peduli bahkan melanggar. Padahal yang dirugikan pasti nantinya mereka sendiir.

Nah sebetulnya banyak cara mudah dan simpel untuk kita mengurangi plastik. Contohnya adalah seperti di bawah ini :

  1. Belanja dengan totebag

Jika biasanya kita ke supermarket belanjaan kita pasti menggunakan plastik. Kini gunakan totebag supaya kantong belanjanya bisa digunakan berkali -kali. Cara ini sangat efektif untuk mengurangi penggunakan kantong plastik.

  1. Biasakan bawa botol sendiri

Ya ini juga yang paling penting, bawa botol minum sendiri kemana – mana bisa jadi hal sepele yang sebetulnya bisa mengurangi penggunaan plastik terutama penggunaan plastik kemasan botol minuman. Karena biasanya ketika haus di jalanan, kita kerap kali membeli botol minum kemasan plastik.

  1. Jangan lagi pakai sedotan plastik

Hal simpel yang bisa kita terapkan juga adalah tidak menggunakan sedotan plastik jika kita sedang di restoran atau minum di tempat makan. Saat ini di beberapa tempat makan sudah tidak menyediakan lagi sedotan jika kita membeli minuman. Dan ini lumayan efektif untuk mengurangi plastik.

  1. Mulai belajar daur ulang plastik

Sebetulnya banyak sekali kerajinan tangan yang bisa kita buat dari bahan plastik. Dan kita bisa mencoba itu mulai dari kerajinan tangan yang paling mudah. Hal ini juga cukup membantu agar plastik dapat ditekan keberadaannya.

Itu adalah cara – cara mudah yang bisa kita terapkan sehari – hari. Semoga saja plastik di lingkungan kita bisa berkurang dan lingkungan kita bisa kembali asri lagi.