Bayi Prematur, Faktor Penyebab Dan Penanganannya

Usia 37 minggu merupakan batasan usia seorang ibu untuk melahirkan bayinya. Apabila kurang dari usia tersebut, bayi disebut lahir prematur. Makin sedikit dari usia tersebut maka kondisinya makin perlu ditangani dengan intensif. Hal ini karena perkembangan sistem organ bayi belum sepenuhnya sempurna. Karena itu, bayi yang dilahirkan dalam kondisi prematur, memiliki kecenderungan mengalami beberapa gangguan kesehatan seperti gangguan pernapasan, hipotermia, kuning, dan gangguan lainnya.

bayi permatur

Mengapa Bisa Terjadi Kelahiran Permatur

Dalam dunia medis, kelahiran prematur bukan hanya tidak normal. Melainkan sebuah kasus yang harus dihindarkan dan jangan sampai terjadi. Namun demikian, terkadang masih saja bisa terjadi. Inilah beberapa penyebab dan juga faktor resiko yang membuat bayi bisa terlahir secara prematur.

  • Sang ibu belum cukup matang, atau sudah terlalu tua dibawah 18 tahun atau diatas 35 tahun. Ini meningkatkan resiko kelahiran permatur
  • Memiliki gangguan kesehatan tertentu yang dialami oleh ibu seperti hiptertensi, gangguan jantung, infeksi dan lain sebagainya
  • Pernah mengalami riwayat keguguran atau prematur sebelumnya
  • Memiliki kelainan bentuk rahim
  • Kelainan genetik bawaan
  • Mengandung bayi kembar

Masih ada beberapa faktor Resiko dan juga penyebab terjadinya bayi prematur yang disebabkan karena pola hidup tidak sehat seperti alkoholik dan juga pecandu narkoba.

Beberapa Macam Metode Perawatan Bayi Prematur

Betapapun adanya faktor resiko yang perlu dihindari dan juga penyebab yang diminimalisir apabila kelahiran sudah terjadi hendaknya perlu dipersiapkan dengan matang untuk merawat dan membersarkan dengan baik. Berikut beberapa metode perawatan bayi prematur.

  • Dalam Inkubator – Dalam sebagian kasus bayi prematur memang perlu dirawat di dalam sebuah Inkubator Bayi. Hal ini untuk mengurangi resiko paparan penyakit dan juga suhu lingkungan yang cukup ekstrim.
  • Metode Kanguru – Dinamakan dengan metode kanguru karena pola asuh anak mengikuti hewan kanguru yang membawa anaknya di dalam kantongnya. Sedikit berbeda, karena metode ini yaitu mendekap bayi di bagian dada sehingga kulit si ibu dan akan menyatu. Hal ini sangat baik untuk tumbuh kembang si kecil nantinya.
READ  Cek Kesehatan Pranikah Kaya Manfaat

NICU – Dirawat di dalam ruang NICU, apabila terdapat gangguan kesehatan yang cukup serius dan perlu segera ditangani dengan intensif.