Berbagai Penyebab Punggung Terasa Panas

Persoalan terhadap punggung kerap kali dialami oleh banyak orang, jadi dari pegal linu, nyeri punggung, sampai punggung jadi panas. Khusus untuk punggung jadi panas, situasi sulit ini dapat tiba-tiba datang tanpa Anda kenal apa penyebabnya. Rasa panas terhadap pungggung biasanya dapat sirna bersama sendirinya, tapi ini juga dapat menjadi pedoman dari situasi sulit medis tertentu. Seketika, apa saja penyebab punggung jadi panas yang bisa saja terjadi?

Beraneka penyebab punggung jadi panas

Punggung jadi panas bisa terkait bersama situasi sulit kulit, syaraf, maupun yang lainnya. Keadaan ini dapat membikin Anda tak nyaman, pun mengganggu kegiatan sehari-hari. Sebagian bisa saja penyebab punggung jadi panas, di antaranya seperti yang dikutip dari prosehat:

Terbakar cahaya sang surya

Kalau punggung jadi panas sesudah berkesibukan di luar terhadap siang hari, dapat saja sebab kulit yang terbakar sang surya. Kulit punggung atau pundak komponen atas bisa gampang terbakar oleh cahaya sang surya seandainya tak ditutupi.

Saat mengalami keadaan ini, kulit bisa jadi panas ketika diraba. Kecuali itu, zona kulit yang terbakar juga bisa menjadi merah dan mengelupas. Kalau sengatan panasnya tergolong parah, keadaan ini dapat menyebabkan dehidrasi, demam, dan kulit melepuh yang patut langsung menerima perawatan medis.

Infeksi kulit

Infeksi kulit bisa menyebabkan kulit yang terjangkit, juga punggung, jadi panas ketika diraba. Saat tubuh melawan infeksi, karenanya sensasi panas muncul sebagai tandanya. Selulitis menjadi infeksi kulit yang tak jarang menyebabkan kulit jadi hangat atau panas.

Tidak cuma jadi panas, orang yang mengalami infeksi kulit juga bisa saja mengalami pembengkakan, kemerahan, dan nyeri di kurang lebih zona yang terkena. Pada persoalan yang serius, hal ini bisa menyebabkan demam. Infeksi yang bisa menyebabkan panas terhadap kulit salah satunya ialah herpes zoster bersama gejala nyeri, panas dan terdapatnya bintil bergerombol.

Nyeri syaraf

Salah satu penyebab paling lazim dari punggung jadi panas, yakni nyeri syaraf. Tidak cuma menyebabkan panas, keadaan ini juga bisa memunculkan sensasi terbakar, kesemutan, linu, mati rasa, atau layaknya tersengat listrik.

Sensasi panas yang timbul bisa terjadi sebab terdapat komponen syaraf yang terluka atau tertekan. Hal ini bisa menyebabkan syaraf tidak bisa mengirimkan isyarat bersama normal agar tubuh menampilkan respon tidak lazim, layaknya sensasi panas.

Ragam nyeri syaraf yang kerap kali timbul dan menjadi penyebab punggung jadi panas, yakni radikulopati. Persoalan ini terjadi sebab tekanan atau peradangan terhadap syaraf tulang belakang. Sementara terhadap penderita diabetes, kerusakan syaraf yang bisa menyebabkan jadi panas terhadap punggung ialah neuropati diabetik.

Heartburn (asam lambung naik)

Heartburn terjadi saat asam lambung naik ulang ke kerongkongan. Persoalan ini umumnya terjadi sebab makan amat banyak atau mengkonsumsi makanan yang amat asam.

Orang yang mengalami naik asam lambung umumnya menikmati sakit di sedang dada, tapi terhadap persoalan yang kronis bisa menjalar ke punggung. Penderitanya juga dapat menikmati panas di komponen sedang punggung atas.

Multiple sclerosis

Multiple sclerosis ialah penyakit neurologis yang terjadi sebab kerusakan myelin (lapisan pelindung serabut syaraf di otak dan sumsum tulang belakang). Kerusakan ini merubah sistem isyarat ditafsirkan agar menyebabkan gejala, layaknya kelemahan dan kekakuan otot, kesemutan, mati rasa, nyeri, dan sensasi panas. Keadaan ini paling tak jarang jadi di lengan dan kaki, tapi bisa pula di punggung.

Penyakit Lyme

Penyakit Lyme ialah infeksi yang ditularkan via gigitan kutu. Keadaan ini ditandai bersama nyeri otot, nyeri sendi, dan kelelahan yang ekstrem. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan terhadap jurnal Current Infectious Disease Reports, 15 prosen penderita penyakit Lyme mengalami situasi sulit terhadap cara sarafnya.

Saat penyakit ini pengaruhi cara syaraf, karenanya bisa menyebabkan ujung syaraf di tulang belakang meradang dan teriritasi agar memunculkan sensasi terbakar di punggung. Penyanyi tenar Avril Lavigne mengaku dulu menderita penyakit Lyme.

Fibromyalgia

Fibromyalgia ialah gangguan otak dan cara syaraf sentra yang membikin penderitanya salah menafsirkan dan memperkuat rasa nyeri. Keadaan ini menyebabkan rasa sakit yang meluas, juga terhadap punggung. Bukan cuma sakit, sensasi lain yang juga bisa dinikmati ialah panas atau layaknya terbakar.