Candi Selogriyo, Keindahan Candi Kecil Yang Dikelilingi Bukit-Bukit

Berbatasan dengan Yogyakarta, Jawa Tengah merupakan provinsi yang memiliki banyak objek wisata yang menjadi tujuan utama wisatawan dari Jogja. Kabupaten Magelang yang berbatasan langsung dengan Jogja memiliki objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Kabupaten ini terdapat objek wisata populer seperti Candi Mendut, Candi Borobudur, Candi Pawon dan masih ada objek wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata yang saat ini banyak dikunjungi wisatawan di Magelang adalah Candi Selogriyo.

Candi Selogriyo merupakan sebuah candi kecil peninggalan Kerajaan Mataram Kuno pada masa Wangsa Syailendra. Diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-9 yang mana merupakan sebuah candi Hindu yang merupakan candi pemujaan. Candi Selogriyo memiliki arsitektur Jawa kuno yang menghadap ke arah timur. Di sisi candi terdapat lima telung tempat arca, arca-arca tersebut adalah Durga Mahisasuramardini, Ganesha, Agastya, serta Nandiswara dan Mahakala.

Candi Selogriyo ini istimewa karena berada di tengah-tengah bukit yaitu Bukit Condong, Giyanti, dan Malang, dan berada di ketinggian 740 mdpl. Candi ini disukai wisatawan karena pemandangannya yang sangat indah. Bebukitan yang mengelilingi candi membuat candi ini tampak gagah dan mempesona. Candi ini ditemukan pada tahun 1998 yang berada di tengah-tengah sawah. Kemudian direkonstruksi dan selesai pada tahun 2015.

Lokasi Candi Selogriyo:

Candi Selogriyo berada di Desa Candisari, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Tempat wisata ini ada di luar Jogja, membutuhkan waktu sekitar 2 – 2,5 jam untuk sampai di tempat ini memakai kendaraan pribadi. Bagi wisatawan yang ingin menyaksikan sebuah candi dengan dikelilingi bebukitan bisa berkunjung dan menjadikanya paket wisata murah Jogja dan bisa juga sewa bus murah di Jogja jika datang dalam rombongan besar.

Tiket dan Jam Buka Candi Selogriyo:

Candi ini buka setiap hari dan dibuka mulai jam 08:00 hingga 16:00 WIB. Tiket masuk kawasan ini adalah Rp3.000,- dan wisatawan bisa menikmati keindahan candi ini. Selain itu akan dikenai juga tarif parkir jika menngunakan kendaraan pribadi.

Tips Wisata Candi Selogriyo:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk berwisata di tempa terbuka.
  2. Bawa penutup kepala jika datang saat siang hari.
  3. Pakailah alas kaki yang enak dipakai untuk jalan-jalan.
  4. Abadikan setiap momen spesial di kawasan ini.
  5. Jangan merusak fasilitas di kawasan ini.
  6. Jagalah kebersihan kawasan wisata.