Gigi Anak Berlubang, Ini Penanganan yang Tepat

Ajarkan Si Anak Rutin Berkumur Demi Cegah Gigi Berlubang

Gigi berlubang tercantum keluhan universal pada kanak- kanak, sebab kerap mengkonsumsi santapan manis( semacam permen, gulali, es krim, susu) serta kurang ingat menggosok gigi.

Gejalanya merupakan perih pada gigi( tercantum jadi lebih sensitif), terdapat lubang pada gigi, serta ada bagian gigi yang berganti corak jadi putih, cokelat, ataupun gelap. Tidak mengherankan bila pada kanak- kanak, gigi berlubang buatnya rewel serta merendahkan nafsu makan.

Tiap orangtua mau kanak- kanak mereka menikmati gigi yang kokoh serta sehat. Sayangnya, kanak- kanak lebih rentan hadapi gigi berlubang sebab enamel pada gigi susunya lebih lemah daripada enamel pada gigi orang berusia.

Ditambah, pemahaman anak buat melindungi kesehatan gigi serta mulutnya masih rendah, sehingga resiko anak hadapi gigi berlubang juga besar.

Hingga dari itu, berarti untuk orangtua buat mengenali bermacam pemicu gigi berlubang serta apa yang dapat Kamu jalani buat melindungi gigi anak Kamu.

Apa Pemicu Gigi Berbulang pada Anak?

Permukaan gigi wajarnya ditutupi dengan plak. Bila Sang Kecil mempunyai kerutinan tidak sering menggosok gigi, kuman anak menumpuk pada plak gigi serta menciptakan asam yang bisa menggerogoti mineral dari permukaan gigi( diucap enamel).

Di sisi lain, air liur( diketahui bagaikan saliva) yang terdiri dari kalsium serta fosfat bertugas buat menetralisir serta menghindari asam tersebut melenyapkan bakteri menggunakan pasta gigi untuk gigi berlubang.  Tetapi, saliva memerlukan waktu lama buat melaksanakan tugasnya. Sehingga bila Sang Kecil selalu mengkonsumsi santapan manis, saliva tidak bisa melaksanakan tugasnya secara optimal.

Apa akibatnya? Mineral pada permukaan gigi terus menjadi menurun, diisyarati dengan timbulnya bercak putih pada gigi. Bila mineral yang lenyap tidak digantikan( misalnya dengan memakai pasta gigi memiliki fluoride), permukaan gigi terus menjadi melemah serta sirna, membentuk suatu lubang pada gigi.

READ  Penyebab Keputihan yang Berlebih

Gimana Menanggulangi Gigi Berlubang pada Anak?

Perawatan gigi berlubang disesuaikan dengan indikasi, umur, tingkatan keparahan, serta keadaan kesehatan Sang Kecil. Secara universal, gigi berlubang pada anak diatasi dengan prosedur tambal gigi. Berikut ini tipe tambalan yang dicoba buat menanggulangi gigi berlubang pada anak, ialah:

Amalgam, tipe tambalan gigi yang dibuat dari kombinasi perak, timah, tembaga, serta merkuri. Umumnya tipe tambalan ini digunakan buat membetulkan gigi geraham bagian balik.

Komposit resin. Bonus gigi tipe ini dibuat dari kombinasi partikel plastik serta kaca halus silikon dioksida. Dokter membuat serta mengirim hasil cetakan kerangka gigi ke laboratorium terlebih dulu, tujuannya buat membuat isi cetakan gigi yang berlubang ataupun rusak.

Emas kuning. Tambalan gigi yang dibuat dari paduan emas dicampur logam. Tambalan gigi ini sanggup menahan kekuatan mengunyah santapan yang teksturnya keras serta tebal.

Logam serta porselen. Kedua bahan ini digunakan buat membetulkan segala bagian gigi, tercantum buat prosedur veneer gigi, implan, serta kawat gigi.

Tidak hanya tambal gigi, pola makan Sang Kecil butuh dicermati supaya gigi berlubang tidak terus menjadi parah. Jauhi santapan yang merangsang gigi berlubang, paling utama santapan yang memiliki gula. Yakinkan pula Sang Kecil teratur menggosok gigi, paling tidak 2 kali satu hari, buat membenarkan giginya dalam kondisi bersih serta sehat. Membawa pula Sang Kecil ke dokter gigi tiap 6 bulan sekali buat mengetahui permasalahan pada gigi semenjak dini.

Secara universal ciri gigi berlubang hendak bergantung pada seberapa besar lubang yang tercipta serta di mana lokasinya. Umumnya ciri sangat dini kehancuran gigi merupakan terdapatnya bercak putih pada satu ataupun sebagian gigi. Kemunculan bercak putih pada gigi menunjukkan kalau enamel gigi mulai rusak. Bercak putih lelet laun hendak berganti corak jadi bercak kecoklatan yang diiringi dengan kemunculan lubang. Terus menjadi dalam lubang, hingga rupanya pula terus menjadi hitam.

READ  Vitabrain untuk anak Sekolah Dasar

Seperti itu metode menanggulangi gigi berlubang pada anak. Jika Sang Kecil hadapi keadaan seragam, jangan ragu buat membawanya ke dokter gigi. Tanpa wajib antre, saat ini bunda dapat langsung membuat janji dengan dokter gigi di rumah sakit opsi di mari. Bunda pula dapat tanya jawab sama dokter gigi.