Hindari Hal Berikut Agar Saluran Air Mampet Tak Terjadi Dan Tetap Lancar

Saluran air yang mampet secara tiba-tiba memang menjengkelkan. Selain dapat mengganggu produktivitas, hal tersebut juga dapat mengundang kuman-kuman penyakit.

Saluran air di wastafel maupun toilet memang rentan akan terjadinya masalah sumbatan. Terdapat berbagai macam penyebab kejadian saluran air mampet tersebut, beberapa diantaranya terjadi akibat kelalaian diri sendiri.

Untuk menghindari permasalahan tersumbatnya saluran air biasanya Anda akan menggunakan jasa sedot WC Tangerang Selatan atau jasa-jasa yang sejenisnya. Namun, sebelum hal tersebut terjadi, yuk hindari beberapa hal yang menjadi penyebab permasalahan.

Tips Agar Terhindar Dari Saluran Air Mampet

Beberapa tips sederhana berikut ini dapat Anda ikuti untuk menghindari terjadinya sumbatan di saluran air. Selengkapnya mengenai pembahasan tersebut seperti penjelasan berikut ini:

1.      Hindari membuang sampah di saluran air

Salah satu penyebab tersumbatnya saluran air adalah adanya sampah yang menumpuk di rongga pipa. Untuk itu, Anda bisa menambahkan saringan di saluran air bagian atas agar sampah tidak ikut terbuang.

Disamping itu, Anda pun bisa menghindari pembuangan sampah pembalut di toilet agar tidak menimbulkan sumbatan.

2.      Kenali bentuk sistem pipa yang dipasang

Terdapat beberapa macam sistem bentuk pipa yang dipasang oleh tukang ledeng. Salah satunya adalah pipa dengan sistem berbentuk Y. Perlu Anda ketahui bahwa masing-masing sistem memiliki teknik perawatan yang berbeda-beda.

Untuk jenis Y tersebut misalnya, Anda harus menyiasati pemasangannya dengan posisi sudut 45 derajat untuk memudahkan air untuk mengalir. Tentu hal tersebut juga berpengaruh pada proses pembersihan saluran air mampet.

3.      Bersihkan pipa secara rutin

Meski tips sebelumnya sudah Anda lakukan, tidak menjamin saluran air Anda akan terhindar dari masalah mampet. Untuk itu, Anda pun harus menerapkan kebiasaan membersihkan saluran air secara rutin.

Idealnya Anda bisa membersihkan setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menghindari terjadinya sumbatan. Gunakan produk-produk yang non kimia terlebih dahulu, meski demikian Anda tidak dianjurkan untuk terlalu sering menggunakan soda api karena dapat menimbulkan korosi pada pipa.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya masalah sumbatan pada saluran air. Beberapa tips dari mengatasi saluran air mampet tersebut harus Anda lakukan dengan konsisten agar saluran air Anda bisa terbebas dari permasalahan tersebut. Semoga bermanfaat.