Jual Lampu LED Mobil: Inilah Plus dan Minus Menggunakan Lampu LED Mobil

Lampu merupakan salah satu komponen penting yang terdapat pada suatu mobil. Kegunaannya sendiri terutama sebagai sumber pencahayaan saat berkendara di malam hari. Beberapa mobil menggunakan jenis lampu yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED), namun ada juga yang menggunakan lampu Daytime Tuning Light (DRL). Kebanyakan mobil keluaran terbaru sudah menggunakan kedua jenis lampu tersebut. Bagi yang ingin melakukan modifikasi jenis lampu tersebut, kini juga banyak yang jual lampu LED mobil maupun lampu DRL mobil. Seperti di salah satu toko online aksesoris dan variasi mobil dari Rumah Modifikasi.

Lampu LED berfungsi sebagai sistem pencahayaan dari lampu utama menggantikan peran dari lampu bohlam biasa, seperti misalnya HID dan hologen. Lampu LED selain bisa mempercantik tampilan pada mobil, juga memiliki berbagai keunggulan yang tidak bisa ditemukan pada jenis lampu konvensional. Sehingga tak heran jika banyak mobil sekarang yang beralih menggunakan jenis lampu LED sebagai sumber penerangannya. Meskipun harga jual lampu LED mobil relatif lebih mahal dan rumit dibandingkan dengan lampu konvensional, namun tak menyurutkan mereka untuk menggunakan lampu mobil jenis ini.

Anda perlu mengetahui beberapa kelebihan lampu headlight jenis LED pada mobil, yaitu:

  1. Konsumsi daya listrik akan lebih hemat hingga 50 % dibandingkan dengan tipe bohlam standar.
  2. Bisa menghasilkan cahaya yang lebih terang dan berwarna putih dibandingkan dengan bohlam standar.
  3. Menghasilkan cahaya yang tidak menyilaukan mata, sehingga cukup aman digunakan untuk berkendara karena tidak mengganggu pengguna jalan yang lain.
  4. Cukup mudah dalam hal pemasangan, sehingga bagi yang ingin melakukan modifikasi pada lampu mobil dengan jenis ini tidak akan menemukan kendala yang begitu berarti.

Meskipun memiliki berbagai kelebihan, lampu LED juga memiliki beberapa kekurangan. Anda perlu mengetahui dan menyimak kekurangan yang dimiliki berikut ini.

  1. Lampu LED perlu menggunakan komponen kipas yang berfungsi untuk mendinginkan lampu. Sehingga saat lampu dinyalakan akan terdengar suara kipas dari luar mobil.
  2. Untuk karet penutup pada dudukan lampu belakang tidak bisa terpasang kembali. Jika ingin penutup lampu tersebut terpasang harus melakukan pembesaran pada lubang diameter karet penutup dudukan lampu.
  3. Lampu LED menghasilkan cahaya warna putih yang tidak sebagus seperti pada bohlam standar, terlebih saat digunakan untuk berkendara di waktu hujan.
  4. Harga jual lampu LED mobil yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan jenis lampu bohlam standar.

Dari beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki tersebut, bisa menjadi pertimbangan Anda dalam memiliki lampu mobil yang sesuai. Meskipun memiliki harga yang relatif mahal, namun dari segi kegunaan, lampu LED dinilai lebih baik dibandingkan dengan jenis bohlam standar.