Kerugian Kartu Kredit

Salah satu alasan mengapa begitu banyak orang sangat anti kartu kredit adalah karena mereka telah melihat betapa banyak masalah yang dapat dialami orang dengan menggunakan gestun cengkareng kartu kredit secara tidak bertanggung jawab. Pembenci kartu kredit sering menunjukkan bahwa mayoritas orang yang menggunakan kartu kredit – 55% dari mereka, menurut Survei Keuangan Konsumen 2010 yang dilakukan oleh Federal Reserve Board (FRB) – membawa keseimbangan dari bulan ke bulan, dan rata-rata jumlah saldo itu lebih dari $ 7.000. Fakta bahwa mungkin untuk menjalankan hutang sebanyak ini dengan kartu kredit, menurut mereka, adalah alasan yang cukup baik untuk tidak menggunakannya. gestun jakarta selatan

Namun, mereka juga berpendapat bahwa bahkan bagi mereka yang memiliki saldo lebih rendah (atau tidak sama sekali), menggunakan kartu kredit adalah langkah keuangan yang buruk. Kartu kredit, mereka menunjukkan, dapat menyedot uang dari dompet Anda dalam tiga cara utama: bunga, biaya, dan pengeluaran berlebihan.

1. Pembayaran Bunga
Masalah yang paling jelas dengan kartu kredit adalah bahwa jika Anda membawa saldo, Anda harus membayar bunga – banyak bunga. Survei suku bunga kartu kredit oleh CreditCards.com menunjukkan bahwa suku bunga rata-rata pada kartu kredit di AS adalah 15%. Dan itu hanya rata-rata keseluruhan – untuk pengguna dengan kredit buruk, tingkat bunga tipikal adalah 22,73%.

Misalkan Anda adalah pengguna kartu kredit dengan saldo $ 2.600 – jumlah yang khas, menurut survei FRB – dan tingkat bunga 15%. Berdasarkan kalkulator bunga kartu kredit, jika Anda hanya melakukan pembayaran minimum setiap bulan – biasanya 4% dari total saldo Anda – itu akan membawa Anda lebih dari sembilan setengah tahun untuk melunasi saldo Anda. Selama periode itu, Anda akan membayar bunga sekitar $ 1,119 – lebih dari 40% lebih dari yang Anda bayarkan untuk membeli barang yang sama dengan uang tunai.

Tentu saja, untuk melunasi saldo $ 2.600 itu, Anda juga harus menghindari membeli sesuatu yang baru dengan kartu selama sembilan setengah tahun itu. Jika Anda menagih hanya $ 100 per bulan ke kartu sambil membayar hanya minimum, biaya baru ini mengimbangi pembayaran Anda, dan sisanya terus merayap naik. Alih-alih dibayar setelah sembilan setengah tahun, saldo Anda akan naik menjadi hampir $ 3.500.

Untungnya, sebagian besar pengguna kartu kredit tidak melakukan ini. Sebuah survei tahun 2012 tentang penganggaran dan penggunaan kartu kredit oleh American Association of Retired Persons menunjukkan bahwa hanya 8% pengguna membayar jumlah minimum pada kartu kredit mereka. Jika Anda membayar $ 250 per bulan untuk saldo $ 2.600 Anda alih-alih hanya membayar minimum, Anda dapat membayar semuanya dalam setahun, dan Anda hanya akan membayar bunga $ 159.

Lebih baik lagi, adalah mungkin untuk menghindari pembayaran bunga sepenuhnya dengan membayar saldo setiap bulan secara penuh. Selama Anda membayar jumlah penuh yang tercantum pada tagihan kartu kredit Anda sebelum tanggal jatuh tempo, Anda tidak perlu membayar sepeser pun bunga. FRB melaporkan bahwa sekitar 45% keluarga dengan kartu kredit melakukan hal itu. Jadi, sementara bunga kartu kredit tentu bisa menjadi pengeluaran besar, itu juga salah satu yang cukup mudah dihindari.

bunga kartu kredit
2. Biaya Lainnya
Pembayaran bunga bukan satu-satunya biaya berbisnis dengan perusahaan kartu kredit. Kartu kredit juga memberi Anda bayaran untuk semua hal yang dapat Anda pikirkan, termasuk yang berikut:

Biaya tahunan. Biaya tahunan adalah pembayaran yang dibebankan setahun sekali hanya untuk hak istimewa menggunakan kartu. Anda kemungkinan besar akan menemukan jenis biaya ini pada kartu yang memiliki program hadiah yang besar, seperti cash back atau frequent flyer miles. Manfaat ini membuat biaya tahunan layak untuk beberapa pengguna, karena mereka dapat memperoleh lebih banyak imbalan daripada membayar biaya.
Biaya Transfer Saldo. Ketika Anda mentransfer saldo dari satu kartu ke kartu lain – biasanya untuk mengambil keuntungan dari suku bunga yang lebih rendah – Anda harus membayar biaya kepada bank yang mengambil alih saldo. Biaya transfer saldo tipikal adalah 3% dari jumlah yang Anda transfer, tetapi beberapa kartu membebankan biaya 4%. Membayar biaya ini dapat bermanfaat jika bunga pada kartu kedua jauh lebih rendah – misalnya, jika kartu menawarkan tingkat bunga sementara 0% selama 15 bulan pertama pada saldo yang Anda transfer. Bergantung pada seberapa besar saldo, transaksi itu dapat membuat jumlah yang Anda tabung cukup untuk menebus biaya yang Anda bayarkan untuk mentransfernya.
Biaya Penarikan Tunai. Jika Anda membutuhkan uang terburu-buru dan rekening bank Anda rendah, banyak perusahaan kartu kredit senang membiarkan Anda menggunakan kartu Anda untuk meminjam uang tunai. Biaya untuk layanan ini seringkali antara 2% dan 5% dari jumlah yang Anda pinjam. Namun, biaya yang lebih besar adalah bunga yang Anda bayar atas pinjaman. Tidak hanya perusahaan biasanya mengenakan bunga yang jauh lebih tinggi untuk uang muka daripada yang mereka lakukan untuk pembelian, mereka juga mulai menagihnya segera, tanpa masa tenggang – jadi sebelum Anda bahkan mendapatkan tagihan bulanan, Anda sudah memiliki minat untuk membayar.
Biaya Transaksi Luar Negeri. Jika Anda menggunakan kartu Anda saat bepergian di negara asing, Anda sering dikenai biaya hingga 3%.