Ketahui Hal-hal Berikut Sebelum Memasang Kawat Gigi

Kawat Gigi Jogja

Tren penampilan tak hanya selesai pada busana dan skin care. Kini pemasangan kawat gigi pun menjadi tren bagi anak muda, termasuk pemasangan kawat gigi Jogja. Meski begitu, kawat gigi tidak hanya sebagai tren, tetapi juga bisa untuk memperbaiki susunan gigi yang tidak teratur atau kurang rapi.

Pada kenyataannya, memiliki susunan gigi yang kurang rapi akan mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Tak hanya itu, susunan gigi yang kurang rapi pun dapat mengganggu ketika mengunyah makanan dan juga rentan terhadap penyakit gigi seperti sariawan dan gigi berlubang.

Nah, sebelum Anda memasang kawat gigi Jogja, sebaiknya Anda ketahui hal-hal berikut ini:

 

Waktu yang Cukup Lama

Waktu yang digunakan untuk memasang kawat gigi diperlukan 1-2 jam, bergantung kondisi gigi. Waktu tersebut relatif lama karena kawat gigi membutuhkan waktu untuk terus tertanam dalam gigi. Tak hanya saat pemasangan, kawat gigi juga memerlukan waktu hingga 2 tahun untuk pelepasan.

Efek Samping

Sebelum memasang kawat gigi, Anda harus tahu betul efek samping yang dirasakan. Gigi yang dipasang kawat akan menimbulkan ketidaknyamanan pada gigi dan mulut. Beberapa waktu Anda akan merasa tidak nyaman karena ada sesuatu yang mengganjal di dalam mulut.

Selain itu, 4 jam setelah pemasangan, Anda akan merasakan nyeri yang bisa bertahan 3-5 hari. Tetapi tak perlu khawatir, karena dokter akan memberikan obat pereda rasa nyeri.

 

 

Kontrol Rutin

Pemasangan kawat gigi memang membutuhkan perawatan ekstra, termasuk rutin melakukan kontrol. Kontrol rutin berfungsi untuk menjaga tekanan pada kawat gigi tetap terjaga. Apabila kawat kendor dan kehilangan elastisitas, maka perlu diganti yang baru.

 

Retainer
Retainer adalah alat yang digunakan setelah pelepasan behel untuk mencegah gigi kembali ke posisi semula. Retainer digunakan selama 6 bulan, setelah ini dapat digunakan pada malam hari saja

 

Biaya
Biaya yang dikeluarkan untuk pemasangan behel tidaklah murah. Untuk memasang kawat gigi yang aman, paling tidak membutuhkan jutaan rupiah. Selain itu, biaya juga masih diperlukan untuk perawatan gigi termasuk kontrol ke dokter.

Jadi, sebelum Anda memutuskan untuk memasang kawat gigi, siapkan tabungan dulu ya, hehehe.