Khofifah Membantah Tudingan Romi

Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, menyangkal merekomendasikan Haris Hasanudin sebagai Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Jawa Timur. Ia juga merasa kaget dengan pengakuan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy yang menyeret namanya.

”Silahkan tanya Mas Romy, sebab saya pun kaget. Rekomendasi dalam format apa yang saya sampaikan. Jadi usahakan teman-teman (wartawan) dapat mengkonfirmasi untuk Mas Romy,” ujar Khofifah, Sabtu (23/3).

Ia menjelaskan, bahwa sebuah kementerian mempunyai proses tersendiri dalam proses seleksi sebuah jabatan. Khofifah juga menegaskan, ia tidak mempunyai kepentingan sama sekali dalam proses seleksi di sebuah kementerian, terutama Kemenag dalam permasalahan ini TV online rcti.

”Jadi bila saat proses open biding kementerian apa, panselnya siapa, saya rasa saya tidak pada posisi yang punya kepentingan guna tahu. Bagi tahu saja anda tidak kepentingan guna itu,” ujar Khofifah.

Tersangka kasus sangkaan suap seleksi pengisian jabatan di Kementerian Agama Romahurmuziy memberikan penjelasan usai menjalani pengecekan di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3).

streaming rcti
Di samping itu, Khofifah sendiri mengatakan, tidak mengenal Haris Hasanudin secara personal. Mantan Menteri Sosial tersebut mengaku melulu bertemu dengan Haris dalam sebanyak acara. “Secara personal tidak, namun bahwa beliau pernah Kakan (Kepala Kantor) Kemenag Surabaya. Beliau sempat plt, saya sempat ketemu di pengajian sekali, lantas saya sempat ketemu lagi di raker PIM sesudah menjadi gubernur,” ujar Khofifah.

Khofifah juga mengatakan, siap dipanggil Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Demi menolong komisi antirasuah dalam membasmi korupsi, khusunya di lingkungan pemerintahan. “Komitmen kita mengawal bahwa dijamin tidak boleh terdapat jual beli jabatan, saya rasa seluruh akan support itu, saya siap mengucapkan klarifikasi,” ujar Khofifah.

Perlu diketahui, sebelum Romi dicek penyidik, untuk wartawan Romy menyinggung nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Menurutnya, yang ia kerjakan hanyalah mengalirkan aspirasi sebagai seorang anggota DPR RI dan ketua umum Partai. Romy malah mengaku prihatin bila benar terdapat suap beli jabatan di Kemenag.

Tak tanggung-tanggung, Romy bahkan menyinggung nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa pun ikut menyerahkan rekomendasi terhadap dirinya, bahwa Haris ialah benar-benar orang yang berbobot | berbobot | berkualitas dan berkompeten

“Ibu Khofifah Indar Parawansa, misalnya, beliau Gubernur terpilih yang jelas-jelas menuliskan ‘mas Romy, percayalah dengan Haris, sebab Haris ini orang yang pekerjaannya bagus’,” ujar Romy.

KPK sendiri telah memutuskan tiga terduga pada permasalahan ini, yakni Romy diperkirakan sebagai penerima. Sedangkan diperkirakan sebagai pemberi, yakni Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Jawa Timur Haris Hasanuddin streaming rcti.