Mebel Jati Jepara Bertransformasi dari Waktu ke Waktu

Mebel jati jepara, membaca kalimat tersebut kira-kira apa yang ada dipikiran anda? Dari kalimatnya saja Mebel jati, sudah jelas bahwa itu merupakan perabotan atau barang kebutuhan rumah tangga, bisa berupa meja, kursi, almari, tempat tidur dan lain-lain, sedangkan kata jepara sendiri merujuk kepada nama sebuah wilayah di jawa tengah, tepatnya di kabupaten jepara, sebuah kabupaten yang berbatasan langsung dengan laut dan terkenal dengan keindahan pantainya.

Dikabupaten jepara memang mayoritas penduduknya bekerja di bidang pembuatan mebel dan berbagai sektor lain yang masih berhubungan dengan mebel jati jepara. Sebagian besar para perajin mebel jepara menggunakan kayu jati sebagai bahan baku utama dalam pembuatan mebel, pemilihan kayu jati sendiri didasarkan atas kualitas kayu yang sangat bagus dibandingkan dengan kayu-kayu lain. Kayu jati memiliki serat kayu yang bagus, kuat dan tahan lama.

mebel jati jepara bertransformasi dari waktu ke waktu
mebel jati jepara bertransformasi mengikuti perkembangan zaman

Dizaman modern seperti sekarang ini mebel merupakan salah satu barang yang penting dan hampir bisa dipastikan bahwa setiap hunian atau rumah pasti memiliki mebel didalamnya, baik dalam jumlah yang banyak maupun sedikit, mengingat fungsi mebel yang sangat penting dalam rumah maka tidak heran jika mebel banyak diburu oleh masyarakat, utamanya mebel jati jepara atau juga mebel yang menggunakan bahan baku kayu jati. Bisa dibayangkan tanpa ada mebel, sebuah ruang akan menjadi kosong dan seperti ada yang kurang.

Untuk masyarakat dengan selera tinggi biasanya mereka memilih mebel jati jepara dengan kualitas kayu jati yang baik juga, meskipun sebuah mebel sama-sama memakai bahan baku kayu jati namun ada yang menggunakan kayu jati dengan kualitas kayu nomor 1, nomor 2 dan seterusnya, maka tidak heran jika ada sebuah mebel yang memiliki bentuk yang sama dan masing-masing menggunakan bahan baku kayu jati, namun ada selisih harga yang cukup besar diantara keduanya.

Seiring dengan perkembangan zaman, mebel jati jepara juga banyak mengalami transformasi bentuk, dahulu modelnya lebih mengutamakan ukiran yang sangat banyak, bahkan hampir disetiap bagian-bagian yang terlihat dihiasi dengan motif-motif ukiran, namun belakangan ini model tersebut sudah mulai ditinggalkan, model yang sekarang lebih cenderung ke konsep minimalis, sesuai dengan kata minimalis, ukiran pun dibuat sesimpel mungkin. Demikian sedikit ulasan tentang mebel jati jepara.