Cara Unik Aprilia Memperkenalkan Wisata Budaya

Aprilia Ariesta atau yang akrab disapa Lea memiliki hobi travelling untuk mendapatkan wawasan tentang keanekaragaman kebudayaan yang terdapat di Indonesia. Dengan travelling, ia merasa dapat menikmati ciptaan Tuhan, menambah wawasan baru tentang keanekaragaman baik dari segi budaya, alam, serta kuliner pada destinasi yang dituju. Selain itu, travelling juga dapat men-charger energinya dan sejenak melepas rutinitas. Sebagai seorang traveller, Lea mengaku lebih senang berpergian dengan gaya ala backpacker.

Alasannya karena lebih praktis dan melatih kemandirian sehingga bisa lebih banyak pengalaman yang didapatkan. Kondisi lapangan yang terkadang tidak sesuai dengan rencana membuat pemilik akun @foodjogja ini merasa banyak kejutan yang didapat serta pengalaman dalam travelling.

Dompet, kamera, telepon genggam dan buku panduan merupakan barang wajib yang harus dibawa oleh Lea sebagai seorang traveller. Beberapa pulau wisata alam di Indonesia seperti Kalimantan, Kepulauan Riau, Jawa dan Bali telah dikunjungi oleh Lea. Namun, salah satu kota yang disenanginya dan direkomendasikan kepada para wisatawan untuk berkunjung yaitu Yogyakarta. Menurutnya Kota Jogja merupakan tujuan wisata yang sangat lengkap karena Jogja adalah kota penuh kenangan yang merupakan pusat kebudayaan Jawa. Mulai dari tempat-tempat bersejarah pada zaman kerajaan, berbagai kebudayaan dan kerajinan, hingga kekayaan alam sekitar kerajinan yang dapat dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. Kekayaan akan sejarah, budaya, kerajinan, kuliner serta kesenian, dapat dipelajari dan dinikmati oleh wisatwan baik lokal maupun mancanegara.

Lebih detail Lea memberi contoh tempat-tempat yang dapat dikunjungi di Yogyakarta. Untuk wisata Budaya, dapat berkunjung ke Keraton, Candi Prambanan, Candi Borobudur. Sedangkan wisata alam, di gunung bisa ke Lava Tour, di pantai bisa mengunjungi Gunung Kidul ada beberapa pantai indah yang ada di sana seperti Pantai Wedi Ombo dan Pantai Indrayanti. Wisata alam lain yang dapat dikunjungi yaitu Magunan, Goa Pindul, Goa Jomblang dan masih banyak lagi. Bagi yang gemar belanja terlebih lagi batik, wisatawan dapat langsung ke pengrajinnya. Yogyakarta sebagai pusat kebudayaan Jawa sangat disarankan Lea untuk dijadikan pilihan destinasi bagi para pecinta sejarah. Keraton yang sampai sekarang ada dapat kunjungi untuk mengetahui juga mengenal budaya yang ada sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Dari segi wisata kulinernya, Lea menyarankan untuk mampir menikmati masakan di restoran Bale Raos yang menyajikan masakan kesukaan Raja Jawa dari dulu hingga sekarang. Meski telah mengunjungi beberapa pulau di Indonesia, Lea mengaku belum pernah berkunjung ke Labuan Bajo. Ia ingin sekali pergi kesana untuk mengeksplor alamnya yang sangat indah. Labuan Bajo yang merupakan detinasi pantai menjadi pilihan Lea karena ia lebih senang mendengar suara debur ombak yang membuat jiwanya merasa lebih tenang. Selain itu, Lea bermain pasir dan air dipantai membuat ia merasa lebih santai. Lea berharap pariwisata di Indonesia dapat berkembang lebih baik. Dengan pembangunan destinasi wisata baru beserta infrastruktur dan fasilitas umum yang memadai sehingga wisatawan nyaman & tertarik untuk berkunjung. Ia juga berpesan agar semua destinasi wisata yang ada di Indonesia harus dijaga dengan baik agar bisa diwariskan ke anak cucu kita semua.