Gangguan Sleep Apnea & Penanganannya

Pernahkah anda mendengkur saat tertidur ? Seberapa sering ? Ataukah selalu ? Bisa jadi ini adalah tanda – tanda anda terkena sindrom sleep apnea. Tapi belum tentu juga demikian, oleh sebab itu ada baiknya anda simak bahasan singkat tentang sleep apnea, pengertian, penyebab, faktor resiko dan bagaimana cara penanganannya.

Mengenal Apa Itu Sleep Apnea

Sleep Apnea disebut juga dengan istilah Apnea Tidur. Yaitu sebuah gangguan pernapasan yang terjadi ketika sedang tertidur. Penderita ini mengalami henti nafas selama kurang lebih 10 dengan frekuensi yang cukup sering atau berkali – kali. Hal ini tentu saja sangat mempengaruhi kesehatan, karena setiap kali berhenti artinya pasokan oksigen ke otak juga berkurang.

Beberapa Gejala Sleep Apnea

Mememang diantara beberapa tanda atau gejala yang dialami oleh penderita sleep apnea diantaranya adalah mendengkur ketika tertidur. Namun bukan berarti setiap orang yang mendengkur adalah penderita sleep apnea. Berikut ini beberapa gejala yang dialami penderita sleep apnea.

  • Mendengkur (ngorok) cukup keras
  • Sering terbangun dengan nafas yang tersengal
  • Nafas tersengal karena berkali – kali mengalami henti nafas dalam tidur
  • Gangguan sulit tidur atau insomnia
  • Sangat mengantuk di siang hari
  • Sering terbangun dengan kondisi mulut kering

Penyebab Sleep Apnea

Apakah anda mengalami gejala yang mirip atau bahkan persis seperti yang disebutkan di atas ? Jika iya, maka anda bisa mengunjungi dokter untuk memeriksakannya agar lebih jelas, apakah benar anda menderita gangguan sleep apnea atau tidak. Untuk penyebabnya, berikut ini diantaranya :

  • Gangguan bawaa, karena otot belakang tenggorokan terlalu rilex ketika tertidur hingga menutup saluran pernafasan. Sleep apnea ini sering disebut dengan Sleep Apnea Obstruktif
  • Terganggunya otak untuk mengirimkan sinyal pada sistem pernafasan, hal ini membuat pernafasan berhenti sesaat. Sleep Apnea dengan sebab ini disebut dengan Sleep Apnea Pusat
  • Gangguan otot belakang tenggorokan terlalu kendor, juga terdapat gangguan pada sistem syaraf otak. Disebut dengan sleep apnea kompleks
READ  Mengenal Apa Itu Fibrilasi Ventrikel Dan Penanganannya

Cara Penanganan

Bagaimana cara penanganan sleep apnea ? Secara umum terdapat dua cara atau metode untuk mengatasi sleep apnea. Cara pertama dengan menggunakan terapi dengan memasukkan tekanan udara positif untuk menjaga jalan nafas tetap terbuka. Alat yang digunakan dalam terapi ini dinamakan dengan alat CPAP. Sedangkan cara yang kedua adalah dengan melakukan Tindakan operasi untuk menghilangkan penyebab terjadinya sleep apnea.