Mengenang Perjalanan Presiden Kedua Indonesia di  Museum Soeharto

Daerah Istimewa Jogja memiliki banyak sekali destinasi wisata berupa museum yang menambah ilmu pengetahuan dan sejarah. Salah satu daerah yang terkenal dengan wisata pendidikanya adalah Kabupaten Bantul. Kabupaten ini memiliki beberapa objek wisata andalan seperti Museum Tembi, Makam Raja Imogiri, Kawasan Mangunan dan objek wisata lainnya. Salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bantul yang sering oleh penyuka wisata sejarah bangsa adalah Museum Soeharto.

Museum Soeharto merupakan museum yang dirikan untuk mengabadikan, mengenang serta menyimpan memoar dan peninggalan dari Presiden Soeharto. Museum ini diresmikan pada 8 Juni 2013 yang juga merupakan tanggal kelahiran Soeharto oleh Probosutedjo adik tiri Soeharto. Museum ini memiliki luas sekitar 3.620 meter persegi yang berisikan berbagai macam hal mengenai Soeharto. Museum ini didirikan juga sebagai tempat pembelajaran bagi para pemuda Indonesia mengenai sejarah kehidupan bangsa ini. Selain itu museum ini juga diharapkan mampu mengispirasi para pengunjung untuk berbuat yang terbaik demi bangsa.

Saat tiba di lokasi wisatawan melihat sebuah patung besar Soeharto di bagian depan museum. Di museum ini tersimpan berbagai macam koleksi mengenai kehidupan Soeharto. Museum Soeharto terdapat sebuah pendopo yang memajang piranti multimedia yang berisikan foto-foto perjuangan Soeharto. Tedapat pula buku elektronik mengenai kehidupan Soeharto di pendopo ini. Berjalan lebih kedalam akan tampak diorama yang merupakan perpaduan tradisional dan modern. Terdapat pula film dokumentasi yang bisa diputar diruangan ini.

Lokasi Museum Soeharto:

Museum Soeharto berada di Jl. Nulis – Puluhan, Dusun Kemusuk, Ds. Argomulyo, Kec. Sedayu, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasinya berada di Luar Kota Jogja dan jika datang diperlukan waktu sekitar 30 menit – 1 jam untuk tiba di museum ini mengunakan kendaraan pribadi. Bagi Anda yang ingin berwisata ke museum ini dapat rental mobil agar lebih gampang. Jika datang dalam rombongan besar dapat rental elf di Jogja dan menjadikanya paket wisata museum Jogja.

Tiket dan Jam Buka Museum Soeharto:

Museum Soeharto buka setiap hari mulai Senin hingga Minggu. Museum Soeharto buka pada pukul 08:00 hingga 17:00 WIB. Tiket masuk kasawan ini gratis alias tidak dipunggut biaya dan hanya membayar biaya parkir kendaraan.

Tips Wisata Museum Soeharto:

  1. Gunakan pakaian yang nyaman untuk dipakai di museum.
  2. Pakailah alas kaki yang enak berkeliling museum.
  3. Potret setiap momen spesial di tempat ini.
  4. Jangan merusak fasilitas di museum ini.
  5. Jagalah kebersihan di kawasan wisata.