Perbedaan Eukariotik Dan Prokariotik Dalam Biologi

Setiap makhluk hidup tersusun atas sel mulai dari sel tunggal dan memiliki banyak sel pada tubuhnya. Selain perbedaan tersebut, ada juga perbedaan yang dilihat dari kondisi inti sel tersebut. Keduanya disebut sebagai sel eukariotik dan sel prokariotik. Berikut ini perbedaan eukariotik dan prokariotik dalam biologi. Mari kita simak ulasannya.

Dari Segi Pengertian Eukatiotik Dan Prokariotik

Perbedaan eukariotik dan prokariotik yang utama terletak pada definisinya. Sel eukariotik adalah sel yang memiliki selaput inti. Sehingga materi genetik yang ada pada inti tidak tersebar tetapi melainkan dibungkus atau dibatasi oleh membran. Struktur eukariotik yaitu membran sel- sitoplasma- sitoskleton- nukleus- RE- ribosom- komplek golgi- lisosom- badan mikro- mitokondria- sentriol. romadecade

Sel prokariotik adalah sel yang tidak memiliki membran inti sehingga materi genetik pada inti tidak dibungkus oleh membran. Kebanyakan prokatiotik terdapat pada makhluk hidup uni seluler walaupun pada makhluk hidup multi selulet juga ada. Struktur prokariotik yaitu dinding sel- membran plasma- sitoplasma- mesosom- ribosom- DNA- RNA.

Perbedaan Utama Eukariotik Dan Prokariotik

Dari pengertian diatas sudah sangat jelas terlihat perbedaan eukariotik dan prokariotik. Untuk melihat lebih dalam perbedaan keduanya berikut penjelasan singkatnya. 5 perbedaan eukariotik dan prokariotik, diantaranya :

  • Inti sel : eukariotik memiliki sel nyata karena memiliki membran inti sedangkan prokariotik tidak memiliki membran inti.
  • Organel terbungkus membran : hanya pada sel eukariotik semua organel terbungkus membran seperti mitokondria, retikulum endoplasma, lisosom dan organel lainnya.
  • Glikokaliks : pada eukariotik glikokaliks hanya terdapat pada sel yang tidak memiliki dinding sel. Sedangkan prokariotik memiliki glikokaliks dalam bentuk kapsul atau lapisan lender.
  • Dinding sel : dinding sel pada eukariotik hanya berbentuk komposisi kimia sederhana sedangkan prokariotik memiliki sel yang cukup kompleks dan mengandung peptidoglycan. romadecade
  •  Membran sel : eukariotik mengandung steroid dan karbohidrat yang dapat berfungsi sebagai reseptor. Prokariotik membran selnya tidak mengandung karbohidrat dan kurang mengandung steroid.

Nah itulah perbedaan eukariotik dan prokariotik dalam biologi. Selain 5 perbedaan utama diatas masih ada beberapa perbedaan lainnya seperti ukuran ribosom eukariotik lebih besar dari sel prokariotik. Selain itu susunan kromosom pada eukariotik berbentuk multiple linear dengan histon sedangkan prokariotik memiliki kromosom sirkular dan tidak memiliki histon.

Souvenir Pernikahan