Mengenal Asal Mula Adanya Alat Peraga Kesehatan

Alat Peraga Kesehatan atau yang sring disebut dengan Boneka Phantom pada asalnya adalah sebuah boneka atau menekin yang dibuat untuk keperluan fasion. Boneka ini berasal dari Belanda dengan nama asli “Meneken”. Di sisi lain, para mahasiswa kedoteran yang selama ini memanfaatkan mayat “Jenazah” sebagai alat peraga mengalami kesulitan karena peraturan baru yakni untuk menghormati jenazah sehingga tidak diperkenankan lagi untuk menggunakan jenazah sebagai alat peraga.

Dari dua kondisi tersebut munculah ide untuk membuat manekin yang digunakan untuk peraga para mahasiswa kedokteran sebagai bahan praktek. Dari situ mulailah bermunculan alat peraga kesehatan yang terbuat dari boneka manekin hingga sekarang mengalami perkembangan pesat sedemikian rupa sehingga terdapat begitu banyak macam dan jenis dalam beraneka model. Boneka ini digunakan untuk keperluan pendidikan atau sebagai bahan simulasi dan juga praktek pada calon tenaga medis.

Macam Alat Peraga Kesehatan

Ada banyak sekali macam dan model alat peraga kesehatan. Mulai dari anatomi organ tubuh, anatomi tulang, hingga berbagai macam kondisi yang mungkin terjadi dalam proses pengobatan dan penanganan pasien. Berikut ini beberapa contoh phantom atau manekin kesehatan yang digunakan dalam proses pembelajaran.

# Phantom Anatomi Mata

Salah satu organ yang sangat kompleks dalam kehidupan manusia adalah mata. Memiliki susunan komponen organ yang rumit. Apabila seorang dokter nantinya tidak mengetahuinya pastinya akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, dibuatlah sebuah phantom atau boneka peraga anatomi mata manusia yang menggambarkan bagian – bagian mata dari luar hingga ke dalamnya. Tidak hanya anatomi mata saja yang dibuat, melainkan berbagai macam anatomi organ lain juga dibuat sebuah manekin untuk tujuan pendidikan.

# Model Simulasi Proses Injeksi

Dokter dan para tenaga medis lainnya harus bisa menguasai teknik yang satu ini. Yakni memasukkan cairan obat ke dalam tubuh melalui pembuluh darah yang sering disebut dengan istilah suntik. Dibuatlah sebuah boneka phantom lengan atau bentuk lainnya untuk kegiatan praktek injeksi ini. Lengan didesain dengan sedemikian rupa sehingga sangat mirip dengan aslinya.

READ  Langkah-langkah Praktis Merawat Handuk Agar Tetap Awet Dan Bersih

# Simulasi Kelahiran Bayi

Untuk para bidan yang nantinya akan bertugas membantu proses kelahiran bayi. Dibuatlah juga sebuah boneka sumulator yang bertema kelahiran bayi. Mulai dari bayi di dalam rahim, proses pembukaan, hingga pemotongan tali pusat bayi pun dibuat simulatornya. Dengan demikian, calon bidan nantinya akan siap untuk melakukan tugasnya dalam kondisi apapun.

Beli Alat Peraga Kesehatan

Anda yang memiliki kebutuhan alat peraga kesehatan tidak perlu khawatir, karena sekarang toko dan penyedia alat peraga khusus kesehatan sudah ada di Indonesia. Anda lihat berbagai macam model alat peraga di katalog toko alat peraga kesehatan di website www.alatperagakesehatan.net.