Hati – hati ! Selain sedotan, inilah sampah plastik yang berbahaya buat lingkungan !

Kita semua sudah mengetahui sendiri bahwa sampah plastik itu banyak sekali menimbulkan dampak negatif bagi lingkungan. Lingkungan yang kotor karena sampah plastik itu pasti akan mendatangkan beberapa bencana misalnya banjir, lalu penyakit kulit dan muntaber, lalu bisa mengakibatkan perkembangan jentik nyamuk demam berdarah.

Benda sedotan sendiri adalah yang paling banyak sampahnya baik itu di daratan atau juga di lautan. Dan sudah banyak kasus dimana sampah plastik sedotan tersangkut terkena hewan laut seperti penyu, hiu, paus, dll. Dan sudah tentu hal ini sangatlah menyakiti bagi hewan-hewan tersebut.

Nah selain sedotan, masih ada beberapa jenis sampah plastik lainnya yang sangatlah berbahaya bagi lingkungan. Apa saja itu?

  1. Tutup Botol Plastik

Menurut Project Aware Foundation, tutup botol plastik termasuk ke dalam salah satu jenis sampah yang paling berbahaya di lautan. Dan pada umumnya, sampah – sampah tutup botol ini juga termakan oleh hewan – hewan yang ada di laut. Nah, kemungkinan hewan laut akan mati pun akan menjadi sangat tinggi. Karena tentunya hewan – hewan tersebut tidak bisa mencerna tutup botol plastik tersebut.

  1. Puntung rokok

Sampah yang satu ini adalah salah satu sampah yang paling sering kali ditemukan oleh petugas kebersihan baik itu di daratan maupun di lautan. Setidaknya ada sekitar 30 – 50% sampah puntung rokok yang tersebar di lautan.

Mirisnya memang, saat puntung ini dibuang, masih mengandung sebuah zat dan juga bahan plastik yang sangat berbahaya bagi kondisi air khususnya lautan.

  1. Balon

Balon adalah salah satu benda yang paling sering kita gunakan untuk menghiasi acara – acara special. Sudah banyak jenis balon yang sering digunakan mulai dari balon dengan ukuran yang paling kecil hingga yang paling besar sekalipun. Namun nyatanya memang, US Service  and wildlife service melaporkan akan bahayanya balon bagi burung – burung dan juga binatang laut.

  1. Bungkus Makanan
READ  Ayo Cintai Bumi Kita Dengan Mengurangi Penggunaan Plastik

Salah satu sampah yang pasti ada dan tidak mungkin tidak ada adalah sampah plastik bungkus makanan. Ya, bungkus makanan ini memang paling banyak karena setiap harinya selalu diproduksi oleh semua manusia di seluruh bagian di bumi ini.

Nah itulah beberapa sampah yang memiliki potensi tingkat bahaya yang sangatlah bahaya. Karena kerusakan lingkungan tidak akan terhindarkan apabila sampah – sampah ini terus dibiarkan mengapung di lautan. Perlu ada upaya keras sebelum terlambat agar tidak merusak ekosistem laut yang ada seperti membuang sampah tersebut di tempat sampah stainless steel yang sudah banyak tersedia.