Tips Memilih Jaket Gunung Yang Baik

Jaket outdoor atau yang lebih kita kenal dengan panggilan jaket gunung saat ini mempunyai mode, design, serta bahan yang bermacam. Merk lokal serta luar juga makin memeriahkan pasar. Sebelum beli, sebaiknya Anda mempunyai pengetahuan tentang alat ini.

Melakukan aktivitas di alam bebas mengundang bahaya, karenanya, Anda harus menyiapkan alat yang pas serta oke. Jangan pernah sebab hanya memburu “gaya”, tapi baju Anda jadi sia-sia sebab tidak dapat membuat perlindungan Anda sepanjang berpetualang. Untuk membuat jaket gunung yang baik, kalian bisa menggunakan jasa dari https://www.konveksijogja.co.id.

Tips Memilih Jaket Gunung
Tips Memilih Jaket Gunung

Serta inilah beberapa panduan dalam pilih jaket outdoor:

Sesuaikan Ukuran, Model, dan Bahan

Jaket yang baik harus dapat tutup badan sisi atas. Lubang dari lengan atau leher semestinya tutup prima untuk menahan udara dingin masuk. Diluar itu, kenyamanan dalam bergerak harus dilihat. Pilih jaket dengan ukuran yang cocok, tidak ketat dengan tubuh. Janganlah juga begitu besar, sebab akan mengonsumsi ruang besar waktu disimpan dalam tas.

Untuk mode, pilih yang mempunyai kerah tinggi serta topi. Kerah berperan membuat perlindungan leher, serta topi dapat menghangatkan sisi kepala.

Beberapa jenis bahan ada di market. Umumnya berperan wind-braker atau water-proof. Bahan waterproof lebih disenangi sebab lebih tahan air. Tetapi, jika hujan besar, air bisa masuk dari celah – celah jaket atau merembes.

Anda dapat lakukan tes dengan mengucek-ucek dikit jaket yang akan dibeli. Bahan anti air, seperti taslan serta gore-tex, umumnya akan berasa licin serta kaku. Jika ingin pastikan kualitas, Anda bisa meniup satu diantara sisi kain. Jika berasa mampat, bisa diyakinkan bahan ini anti air.

Warna Terang v.s. Gelap

Beberapa pendaki suka pada warna jelas, dengan fakta untuk lebih gampang dikenali. Warna jelas lebih memantulkan sinar dibanding gelap yang berbentuk menyerap. Tetapi, ada juga yang kurang senang, sebab warna jelas dipandang bertambah cepat kelihatan kotor.

Kembali pada keutamaan manfaat satu perlengkapan, yakni mendukung keselamatan. Jika warna jelas lebih mendukung keselamatan, mengapa harus lebih takut pada kotor?

Baca juga : Penyedia Jasa Konveksi Seragam Jogja

Sesuaikan Dengan Medan dan Waktu Penggunaan

Seperti apa medan yang akan Anda hadapi? Jika Anda pergi ke gunung dengan ketinggian 2.000 – 3.000 mdpl, pakai jaket dengan bahan dalam polar untuk menghangatkan. Waktu pemakaiannya juga semestinya waktu tidur. Jika digunakan untuk berjalan, keringat keluar terlalu berlebih, hingga badan akan rasakan begitu capek.

Pada beberapa masalah, seperti summit attack ( pendakian ke pucuk ) di Gunung Semeru atau Rinjani, gerakan dikerjakan seputar jam 02.00 pagi. Tentunya jaket harus digunakan untuk mengawasi suhu badan.

Perhatikan Detail

Detil penting yang dilihat adalah sisi kantong serta resleting. Kebanyakan kantong justru membuat jaket kurang efisien. Lihat juga permasalahan manfaat. Kantong dibagian samping perut, tidak hanya untuk menaruh barang, dapat juga dipakai untuk menghangatkan telapak tangan.

Reseleting yang baik mempunyai susunan tahan air. Jika tidak, minimum resleting dibagian depan mempunyai susunan penutup . Susunan ini berperan menahan angin masuk. Beberapa jaket mempunyai resleting dibagian ketiak, supaya masih sejuk sepanjang digunakan. Mode ini dapat jadi pilihan.

Brand / Merk

Pilih merk yang telah Anda kenal, atau Anda telah mempunyai rujukan tentang merk itu. Merk luar yang populer seperti Jack Wolfskin, Heads, Timberland, dan lain-lain. Beberapa merk ada juga yang memberikan logo gore-tex. Untuk merk lokal, beberapa yang bagus salah satunya Eiger, Consina, Cozmeed,Avtech, serta DLL.

Kadang, ada juga merk yang kurang diketahui, tetapi mempunyai bahan yang bagus. Anda dapat memandang dari resletingnya. Jika tertera merk jaket yang sama, bermakna jaket termasuk bagus. Sebab, tidak sembarangan perusahaan dapat membuat logo di resleting. Jika tidak menggunakan merk sendiri, pilihaln jaket dengan merk resleting YKK, yang telah terjamin mutunya.