Tips Menjaga Mesin Genset Supaya Tidak Terbakar Lalu Meledak

Tips Menjaga Mesin Genset Supaya Tidak Terbakar Lalu Meledak

Jual Genset – Banyaknya kasus genset terbakar dan meledak yang memakan korban, menyadarkan kita pentingnya menjaga kawasan di sekitar genset tetap aman dan terlindungi terutama dari komponen yang bisa memicu mesin genset terbakar kemudian meledak.

Meskipun kasus mesin genset meledak dan terbakar sedang marak di Indonesia, jangan jadikan hal ini sebagai alasan tidak membeli dan menggunakan genset, karena mesin genset memiliki fungsi yang begitu penting sebagai cadangan listrik.

Beirkut ini tips supaya mesin genset tidak mudah terbakar lalu meledak:

Menggunakan Kabel Listrik yang Sesuai Dengan Standar SNI

Pastikan jika kamu menggunakan kabel yang telah disesuaikan dengan keluaran output dari mesin genset yang kamu miliki. Alangkah baiknya apabila aoutput genset dimasukan pada jaringan yang sama dengan aliran listrik PLN. Jangan lupa untuk turut menambahkan change over switch baik itu yang asalnya dari genset maupun PLN sehingga bisa mengalir dengan baik ke dalam rumah atau gedung.

Usahakan Untuk Menjauhkan Genset Dari Benda Mudah Terbakar

Ketika mesin genset sedang beroperasi, tidak hanya efektif untuk menghasilkan listrik saja namun juga efektif untuk menghasilkan energy kalor/panas. Maka dari itu banyak orang yang sengaja meletakan mesin genset berjauhan dari benda mudah terbakar seperti bensin, tinner, tabung gas, serta benda yang mudah terbakar lainnya.

Menyediakan Peralatan Pemadam Kebakaran

Untuk menjaga keselamatan, setiap rumah sudah sepatutnya memiliki peralatan pemadam kebakaran, meskipun ada air yang bisa digunakan untuk memadamkan api, tapi memang jauh lebih baik bila kamu turut menyediakan alat pemadam kebakaran setidaknya berjarak 10 meter dari tempatmu meletakan mesin gensetnya.

Membersihkan Unit Genset Dengan Teratur

Bersihkan genset tidak hanya di bagian luarnya saja, akan tetapi harus di bagian dalamnya juga termasuk sistem bahan bakar, oli dan udara secara teratur. Kamu wajib memeriksa apa terdapat kebocoran di sistem bahan bakar, mengingat mesin genset berpeluang besar terbakar dan meledak karena bocornya sistem bahan bakar yang tidak diketahui oleh pemilik dari mesin genset bisa menjadi malapetaka besar.